Blog Archive

Link teman

Rank My Blog

Followers

Kamis, 10 Desember 2009

Badai Salju Sapu AS Bagian Barat

Share & Comment
CALIFORNIA - Badai salju disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah barat Amerika Serikat. Badai salju yang terjadi sejak Senin menyebabkan kemacetan jalan, penutupan sekolah-sekolah serta ancaman tanah longsor yang meluas di wilayah Selatan California.

Seluruh wilayah Amerika Serikat diperkirakan akan dilanda hujan salju mulai Senin hingga akhir pekan. Di Washington, hujan salju turun tanpa tiupan angin, sedangkan di Reno, negara bagian Nevada badai salju disertai angin kencang memaksa pemerintah setempat menutup sekolah-sekolah. Salju tebal menutupi jalan bebas hambatan sehingga mengakibatkan kemacetan.

Badan pengamat cuaca memperingatkan badai salju yang terjadi di sebelah utara negara bagian Arizona dan sebagian Colorado akan tertutup salju setebal dua kaki (61 cm).

Badan Cuaca AS mengumumkan ketebalan salju di pegunungan Sierra mencapai tiga kaki (91,4 cm) sedangkan ketebalan salju di selatan pegunungan Utah diperkirakan empat kaki (122 cm). Bahkan di pantai timur San Fransisco hujan salju turun sepanjang malam serta badai salju di daerah Fresno dan wilayah sekitar lembah California.

Menurut laporan Badan Cuaca AS, seperti dilansir vivanews.com, badai salju berasal dari timur. Salju pertama yang turun di Indiana menyebabkan kemacetan lalu lintas dan penutupan sekolah-sekolah. Badai menyebabkan puluhan kecelakaan karena permukaan jalan tertutup salju tebal. Sebuah truk pengiriman barang tergelincir dan menabrak pembatas jalan raya.

Mengantisipasi cuaca buruk, pemerintah Reno meliburkan pelajar dan sebagian pegawai sipil. Beberapa penerbangan dari dan menuju bandara internasional Reno ditunda atau dibatalkan. "Para pengemudi sulit berkendara sehingga banyak yang tidak bekerja," kata Petugas Patroli di jalan bebas hambatan, Nevada Chuck Allen.

Wakil Walikota setempat Jim Wine mengatakan hujan salju turun secara rutin di daerah dengan ketinggian 7.000 kaki. "Namun kecepatan angin yang mencapai 30-50 mil/jam berdampak buruk karena dapat menghalangi pandangan pengemudi," kata Wine. Pemerintah setempat telah meliburkan sekolah-sekolah di seluruh wilayah itu sejak Senin hingga Selasa. Universitas Arizona juga meliburkan seluruh mahasiswa dan pegawainya.

Juru Bicara Departemen Transportasi Arizona Rod Wigman mengumumkan akan mengeluarkan dana sebesar US100 juta untuk membersihkan jalan-jalan dari salju. Namun ia menyarankan agar penduduk tetap tinggal di rumah karena ancaman badai salju masih mungkin terjadi pada sore dan malam hari.

Selain Arizona, California, badai salju mengancam wilayah San Diego, Iowa, Minnesota, Wisconsin, dan Illinois sejak Selasa hingga akhir minggu ini. (mr/azumar)
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

Copyright © Aldien`s blog | Designed by Templateism.com