22 Juta Email Bush Ditemukan

WASHINGTON - Teknisi komputer menemukan 22 juta email Gedung Putih yang berasal dari administrasi mantan presiden AS George W Bush. Saat ini, administrasi presiden Barack Obama tengah mencari email-email lain yang di duga hilang saat pemerintahan Bush.

Juru bicara Bush Scott Stanzel menyebutkan 22 juta email telah ditemukan ketika Bush masih menjabat. Menurutnya, pernyataan menghasut mengenai kinerja administrasi pemerintahan Bush memperlihatkan adanya kelanjutan 'agenda anti-Bush' yang berlangsung hampir setahun setelah Obama disumpah.

"Kelompok liberal CREW dan National Security Archive, membelokkan fakta dan konsisten berupaya menciptakan konspirasi mengenai isu standar IT," kata Stanzel, seperti dikutip dari Associated Press, Selasa (15/12/2009).

Sementara itu, Senate Judiciary Committee Chairman Patrick Leahy menyebutkan administrasi Bush telah mengacuhkan permintaan kongres agar membeberkan email tersebut. Leahy menyebut sikap seperti ini merupakan salah satu contoh resistansi administrasi Bush terhadap pengawasan kongres dan hak informasi publik.

Pencatatan email yang hilang dan pencarian dokumen tambahan lainnya merupakan perkembangan terbaru dalam kontroversi politik yang berakar dari kegagalan Bush dalam menginstal sistem penyimpanan rekaman elektronik.